Pariwisata

Pengelolaan Wisata Alam Di Desa Jawai Laut

0

Pantai Wisata Bahari merupakan salah satu pantai yang ada di Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas. Pantai Wisata Bahari ialah pantai yang dikekola oleh masyarakat sekitar Dusun Bukit Raya yang mau ikut berpartisipasi. Jarak tempuh untuk menuju Pantai Wisata Bahari yaitu diperkirakan 70 km atau sekitar 1 jam 30 menit dari Pusat Ibu Kota Kabupaten Sambas. Untuk menuju Pantai Wisata Bahari dapat menggunakan kendaraan roda dua mau pun empat.

Melihat sejarahnya Pantai Wisata Bahari ini sudah ada sejak dahulu, pantai ini merupakan pantai kosong dan hutan yang tidak dikelola dan dikembangkan, sejak tahun 2019 salah satu dari warga Desa Jawai laut berinisiatif untuk mengajak warga setempat untuk merimba pantai yang masih asri tersebut dan membentuk kelompok sadar wisata Pantai Wisata Bahari yang beranggotakan 52 orang. Kelompok sadar wisata ini di ketuai oleh Bapak Mahrus Sandosi. Dan pada tahun 2020 kelompok sadar wisata Pantai Wisata Bahari sudah di resmikan oleh kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten sambas. Para pekerja yang bekerja dikelompok sadar wisata tidak serta merta diterima begitu saja dan boleh bekerja sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Melainkan hanya orang yang bekerja dari sejak awal di kembangkannya Pantai Wisata Bahari sampai sekarang. Tetapi dari kesepakatan anggota kelompok sadar wisata membolehkan siapa saja masyarakat lokal yang ingin bekerja dan berjualan di area Pantai.


Setelah membentuk kepengurusan kelompok sadar wisata dan melakukan perundingan, pada awal dibukanya Pantai Wisata bahari tidak dikenakan biaya tiket masuk, melainkan hanya membayar biaya parkir motor yaitu Rp 3000 per motor. Hasil dari penjualan tiker tersebut sebagian digunakan untuk pembangunan, kebersihan dan menambah fasilitas di Pantai Wisata Bahari.

Atraksi Wisata di Pantai Wisata Bahari terdiri dari atraksi wisata alam dan atraksi wisata buatan. Atraksi wisata alam berupa panorama yang indah seperti hamparan pasir kuning, pemandangan alam yang menghadap laut, pemandangan matahari terbenam (sunset) yang menghadap ke laut, serta ombaknya sangat cocok untuk melakukan aktifitas kano dan berenang di tepi pantai. Selain itu Pantai Wisata Bahari juga memiliki atraksi wisata buatan yaitu kolam renang untuk anak-anak.Kondisi fasilitas penunjang di Kawasan Pantai Wisata bahari secara umum sudah mulai bagus, terutama akses jalan, dulunya jalan untuk menuju pantai masih rusak, sejak Pantai Bahari dipadati pengunjung jalan menuju lokasi Pantai Wisata Bahari sudah mulai bagus, infrastruktur merupakan faktor utama yang sangat penting dalam meningkatkan laju pertumbuhan sektor pariwisata. Pengembangan sarana transportasi, penginapan, dan informasi yang memadai sangat dibutuhkan dalam menarik minat wisatawan yang datang berkunjung.
Di kawasan Pantai Wisata Bahari juga disediakan musholla untuk pengunjung yang akan melaksanakan sholat, dan juga terdapat toilet umum. Di area Pantai juga terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman, gazebo, serta tempat parkir yang luas.

Kawasan Wisata Alam Rindu Samudra, Paloh

Previous article

Pesona Wisata Desa Tenun Di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.