beritaPariwisata

Temajuk Desa Wisata Pertama Di Kabupaten Sambas

1

Kabupaten Sambas mempunyai potensi wisata yang bagus untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata, yang mana desa wisata bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan peranan masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan. Selain itu juga sebagai bermitra yang bersinergis dengan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Sambas. Dalam membangun dan menumbuhkembangkan sikap dan sokongan positif masyarakat sebagai tuan rumah untuk mewujudkan Sapta Pesona di destinasi pariwisata Kabupaten Sambas.

Plt. Kadis Parpora dr. Ketut Sukarja mengatakan, “mulai saat ini Dinas Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Sambas mulai berbenah untuk menjadikan sektor pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan daerah dan menjadikan Sambas menjadi sebuah tumpuan dan tujuan wisatawan untuk berkunjung. Pada akhir September 2020 Dinas Pariwisata telah mengeluarkan produk hukum tentang Desa Wisata yang dituangkan dalam Peraturan Bupati Sambas. Ini merupakan angin segar bagi sebuah Kabupaten Sambas, di mana Desa wisata adalah sebagai sarana edukatif dan rekreasi, pengembangan seni dan budaya, pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, pengembangan perilaku dan budaya wisata, dan sebagai arana pelestarian potensi dan sumber daya kepariwisataan”.

Dengan adanya Perbub Bupati Sambas Tentang Desa Wisata, maka mulailah desa- desa yang mempunyai desa wisata bersemangat untuk mengembangkan wisata di desanya masing- masing dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata dan mengajukan desanya menjadi desa wisata. Pada tanggal 9 Agustus 2021, maka ditetapkanlah Desa Temajuk menjadi Desa Wisata di Kabupaten Sambas yang pertama yang mana sebelumnya TIM Tehnis Penetapan Desa Wisata Kabupaten Sambas turun langsung ke Desa Temajuk untuk menilai indikator- indikator yang mendukung kepariwisataan di desa tersebut.

Desa Wisata ini mempunyai banyak manfaat untuk masyarakat, selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan melestarikan budaya, juga dapat meningkatkan industri kecil menengah dengan mengupayakan produk setempat untuk bahan mentah. Selanjutnya desa wisata akan dikembangkan sebagai sarana promosi produk lokal dengan meningkatkan sumber daya alam menjadi destinasi wisata. Banyak lagi manfaat- manfaat lain yang nanti akan kita rasakan apabila desa wisata dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Pentingnya Wisata Edukasi Menjaga Pelestarian Penyu

Previous article

Paskibraka Kab. Sambas Telah Divaksin Covid-19

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Perjuangan yang panjang dari tahun 2012 telah dirintis oleh pencinta wisata, tentu keberhasilan tidak terlepas kerja keras oleh steckholder dan semua pihak.
    Selamat pejuang wisata (Pokdarwis Pesona Bahari) Temajuk.
    Teruslah berkarya, berinovasi membangun destinasi wisata Temajuk.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.