Pariwisata

Rapat Pembahasan Rencana Kerja Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

2

Dalam upaya pembangunan kepariwisataan Kabupaten Sambas, tidak hanya terpaku kepada pembangunan fisik, tetapi juga peningkatan pembangunan sumber daya manusia pariwisata sehingga kegiatan pembinaan seperti ini menjadi salah satu prioritas yang harus dijaga konsistensinya dan ditingkatkan khususnya pada pembangunan sumber daya manusia pariwisata.

Pada hari kamis, 17 Juni 2021 telah diadakan Rapat Pembahasan Rencana Kerja Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Sambas tahun 2021 di Hotel Pantura Sambas. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat di mana kabupaten Sambas adalah salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) untuk penanganan jalan provinsi dan jalan kabupaten yang menghubungkan inlet/outlet ke/dari Kawasan Strategis Nasional (KSN) atau origin-destination corridor approach.

Pada kegiatan Rapat Pembahasan Rencana Kerja Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dilaksanakan ini adalah tahapan kedua guna untuk pencapaian output Pembuatan Rencana Kerja Pembinaan Pokdarwis. Sedangkan tujuan pelaksanaan Rapat Rencana Kerja Pokdarwis ini adalah standarisasi materi pendampingan Pokdarwis yang dihadiri oleh beberapa instansi terkait untuk memberikan saran dan  masukan dalam rangka penyempurnaan materi Rencana Kerja Pendampingan Pokdarwis di lapangan.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga Kab. Sambas selaku pelaksana kegiatan bekerjasama dengan Politeknik Negeri Sambas dengan melibatkan 4 (empat) akademisi pariwisata dari kampus tersebut. Yang mana kegiatan nanti akan berlangsung selama 3 bulan.  Adapun keempat akademisi tersebut, antara lain; Hikmah Trisnawati,S.Ant, M.Par., Sabahan, SP, M.Si., Nur Astri Fatihah, ST., MT., Tita Rosalina, S.Sos, M.Par dengan menggunakan metode pendampingan sebagai pilot project dalam upaya pengembangan iklim kepariwisataan berbasis masyarakat dengan menjadikan pokdarwis sebagai penggerak sadar wisata di daya tarik wisata.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, kepemudaan Dan Olahraga Kab. Sambas, dr. I Ketut Sukarja mengharapkan kegiatan dengan metode pendampingan dapat meningkatkan aktivitas Pokdarwis dan peran serta masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Sambas.

Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional Di Propinsi, Pemda Sambas Kirim 2 Siswa Terbaik

Previous article

Pendampingan Pokdarwis Menuju Desa Wisata

Next article

You may also like

2 Comments

  1. Mantap, semoga pariwisata kabupaten Sambas menajadi lebih baik dan berkembang.

    1. Aamin pak, kita sama2 bersinerji pada kelompok dan kerjasama yang baik agar dipermudahkan segala urusan.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.